Saturday, April 29, 2017

Doa Qunut Subuh Lengkap Arab Latin Dan Artinya


Assalamualaikum...
Doa qunut subuh adalah doa yang di baca di dalam solat subuh, sebelum mengetahui dan hafal doanya ada baiknya kita tahu lebih dalam terlebih dahulu penjelasan tentang qunut itu sendiri?


Doa qunut subuh lengkap latin dan artinya


Ada 5 hal yang harus kita tahu mengenai qunut. Pertama pengertian, kedua hukum, ketiga macam macam, keempat  waktu membaca, kelima tata cara.

Mari kita bahas...
1. Pengertian
Kata qunut merupakan kata bahasa arab قنوت yang artinya طول القيام atau lama berdiri adapula yang mengartikan tunduk dalam artian taat kepada Allah SWT. Melihat dari makna katanya pantas saja doa qunut hanya di baca ketika solat.

2. Hukum
Sebenarnya terdapat perbedaan antar ke 4 madzhab mengenai hukum qunut, tapi karena saya bermadzhab imam syafi'i dan mayoritas di negara kita bermadzhab syafi'i maka saya hanya akan membahas hukum menurut imam syafi'i

Menurut madzhab imam syafi'i hukum qunut adalah sunat ab'ad sholat.
Apa arti sunat ab'ad sholat ?
Sunat ab'ad sholat adalah sunat dalam sholat yang apabila di tinggalkan atau tidak di kerjakan maka harus di tambal atau di ganti dwngan sunud syahwi.

Maka sudah jelas bagi kita apabila kita meninggalkan qunut dalam sholat. Kita harus melaksanakan sujud syahwi pada tasyahhud akhir sebelum salam.

3. Macam macam qunut
Terdapat 3 macam qunut, ketiganya memiliki acuan masing masing.

Pertama mengacu pada bacaannya (baca:berbeda bacaannya) yang terbagi menjadi 2, yaitu qunut subuh dan qunut nazilah.

Kedua mengacu pada waktunya (baca:waktu membacanya) yaitu qunut yang di laksanakan ketika sholat witir pada setengah akhir bulan ramadhan dari tanggal 15 sampai 30.

4. Waktu membaca qunut
Terdapat tiga waktu, pertama waktu sholat subuh, kedua sholat lima waktu, ketiga sholat witir pada setengah akhir bulan puasa.

Qunut subuh di baca ketika sholat subuh, qunut nazilah di baca di semua sholat lima waktu. Untuk lebih jelasnya simak tanya jawab di bawah ini.

Apakah qunut subuh tidak bisa di baca pada sholat lainnya ? Jawabannya iya , qunut subuh hanya di baca pada sholat subuh.

Apakah boleh membaca qunut nazilah ketika sholat subuh ? Jawabannya boleh, boleh membaca qunut nazilah ketika sholat subuh setelah membaca qunut subuh

Sebagaimana imam syafi'i dalam kitabnya Al-Um berkata:
"Tidak ada qunut yang di baca dalam sholat lima waktu selain pada sholat subu, kecuali pada saat ada bencana boleh membaca qunut di semua sembahyang atau sholat lima waktu"

Yang di maksud qunut ketika ada bencana adalah qunut nazilah.

5. Tata Cara Qunut
Sepertinya sobat pembaca pun sudah tahu bagaiman cara qunut yaitu mengangkat tengan seperti berdoa pada umunya setelah melaksanakan i'tidal lalu membaca doanya.

Apabila kita sholat sendiri maka kita yang membaca doanya, namun apabila sholat berjamaah dan kita menjadi makmum maka kita cukup mengamini saja.

Sekarang anda sudah tahu mengenai qunut, dan inilah doanya.

Doa Qunut Subuh:



اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيَْتَ تَبَارَكْت رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم





"Allaahumahdinii fiiman hadait, Wa aafinii fiiman aafait, Watawallani fiimangtawallait, Wabaariklii fiimaaa toit, Waqini birahmatika syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha alaik, Wainnahu layadzillu mawwalait, Walaya idzuman aadait, Tabarak tarabannaa wata aalait, Falakal hamdu alamaa qadhait, Astagfiruka wa atuubu ilaik, Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wabaarik wasallam"

Artinya:
Ya allah semoga engkau memberikan petunjuk kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan petunjuk, Dan semoga engkau memberikan keselamatan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan keselamatan, Dan semoga engkau memberikan pertolongan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan pertolongan, Dan semoga engkau memberikan berkah kepadaku dari hal yang telah engkau tetapkan, Dan semoga engkau memeriksa kami dari rahmatmu dari keburukan yang telah engkau tetapkan, Dan sesungguhnya engkaulah yang maha menghukumi dan tidak ada yang bisa menghukummu, Dan sesungguhnya engkau tidak bisa hina, orang yang engkau sayang, Dengan tidak memulyakan orang yang di musuhi olehmu, Dan maha tinggi Allah maka tetap segala puji bagimu, Oleh hal yang sudah engkau hukum, Aku memohon pengampunan dan taubat kepadamu Dan semoga engkau menambahkan rahmatnya kepada gusti kita nabi muhammad yang menjadi nabi, Dan semua umat nabi muhammad Dan para sahabatnya, Semoga allah menambahkan keberkahan dan keselamatan.


Catatan doa:
Apabila kita menjadi imam , maka dhomir nii dalam kata أَللّٰهُمّ اهْدِنِي dan seterusnya di ganti dengan dhomir naa menjadi أَللّٰهُمَّ اهْدِنَا .

Lalu di atas sempat saya singgung apabila kita menjadi makmum maka kita hanya mengamini saja, namun kita mengamini hanya sampai kalimat شَرَّمَا قََضَيْتَ. Dari kalimat فَإِ نَّكَ تَقْضِى dan seterusnya kita pun ikut membaca sampai akhir doa.

Hadis doa qunut subuh:


مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِيْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا


Artinya:
“Terus-menerus Rasulullah shollallahu ‘alaihi waalihi wa sallam qunut pada sholat Shubuh sampai beliau meninggalkan dunia”.

Itulah sobat doa qunut subuh dan sedikit penjelasannya, untuk doa qunut nazilah akan di bahas pada postingan berbeda. Semoga bermanfaat.
















You May Also Like

Subscribe by Email

Doa Qunut Subuh Lengkap Arab Latin Dan Artinya
4/ 5
Oleh