Tuesday, September 18, 2018

Sholawat Nariyah Arab Latin Dan Artinya

Sholawat nariyah adalah bacaan yang hendaknya selalu di baca umat Muslim untuk memuji dan mendoakan Nabinya yaitu Nabi Muhammad SAW dengan membaca sholawat lah umat muslim menunjukan rasa cinta terhadap nabinya.

Bacaan sholawat nariyah arab latin dan artinya

Lalu apakah sholawat nariyah ini memiliki sejarah? Siapakah yang menukil atau menciptakan sholawat yang begitu terkenal ini?

Terdapat beberapa versi pendapat mengeni siapa yang menukil sholawat nariyah ini, berikut penjelasannya:

Pendapat pertama Sholawat Nariyah dikarang oleh Syech Nariyah.  Diceritakan beliau merupakan salah seorang sahabat nabi yang mendapatkan kemuliaan karena telah mengarang dan selalu mengmalkan sholawat.

Semasa hidupnya Syekh Nariyah terbiasa mendoakan nabi lewat sholawat karena pada hakekatnya sholawat merupakan doa untuk nabi Muhammad SAW, kecintaannya terhadap Rasulallah beliau tuangkan kedalam satu teks doa untuk nabi yang kemudian lazim disebut sholawat Nariyah.

Pada suatu malam, shalawat yang ia karang tersebut ia baca sebanyak 4444X. Dengan wasilah shalawat yang di karangnya, keesokan harinya, di dalam suatu majelis yang di dalamnya terdapat Nabi Muhammad, beliau mendapatkan karomah

Di dalam majelis itu Syekh Nariyah mendekati Nabi Muhammad dan meminta agar dimasukkan ke dalam surga pertama kali. Nabi Muhammad pun mengiyakannya. Setelah itu, sahabat lain kemudian juga meminta permintaan yang sama, namun di tolak oleh nabi karena Syekh Nariyah telah lebih dahulu meminta.

Pendapat kedua merupakan pendapat  yang paling kuat, hal ini berdasar pada sanad ijazah sholawat secara muttashil atau tersambung. Menurut Syech Ali Jumah, seorang mufti besar Mesir. Dia mendapatkan ijazah sholawat nariyah secara sempurna dari gurunya yang bernama Syaikh Abdullah al-Ghummar. Menurut Kyai Ma’ruf Khozin pengasuh Aswaja Center Jawa Timur, Syech Abdullah Al-Ghumar merupakan ahli hadits, seorang faqih dan merupakan ulama besar.

Beliau Syaikh Abdullah Al-Ghummar, mendapatkan ijazah dari guru-gurunya hingga tersambung kepada sang muallif atau pengarang sholawat nariyah yaitu Imam Abu Ishaq Ibrahim Ibn Muhammad al-Taziy.

Syaikh Abu Ishaq Ibrahim al-Taziy merupakan seorang ahli hadits, faqih dan ilmu tasawuf. Beliau merupakan ulama besar Maroko yang wafat pada tanggal 9 Sya’ban tahun 866 H. Beliau merupakan imam besar yang berjasa dalam mengembangkan ajaran Islam di Wahran, Maroco.

Pendapat yang kedua ini pun dikuatkan dari pendapat Habibana Munzir Al Musawa. Beliau mengatakan bahwa Sholawat nariyah dikarang oleh Syaikh Abu Ishaq Ibrahim al-Taziy.

Itulah 2 pendapat mengenai siapa muallif sholawat nariyah, meskipun terdapat perbedaan kita selaku muslim jangan di buat pusing apalagi sampai terpecah belah yang harus kita lakukan adalah bersyukur telah tercipta sholawat yang fenomenal yang semua orang muslim pasti hafal.

Seperti sudah saya tulis kebanyakan muslim pasti sudah hafal dengan sholawat nariyah ini, karena biasanya sholawat ini seringkli di baca dalam doa tahlil hanya saja tidak tahu namanya biasanya dikalangan masyarakat lebih populer nama sholawat Tanhallu.

Namun bagi sobat yang belum hafal atau ingin mengetahui makna dari sholat nariyah ini berikut saya akan bagikan sholawat nariyah dalam tulisan arab, latin dan juga terjemahannya.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﺻَﻼَﺓً ﻛَﺎﻣِﻠَﺔً ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﺳَﻼَﻣًﺎ ﺗَﺎﻣًّﺎ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺗُﻨْﺤَﻞُ ﺑِﻪَ ﺍﻟْﻌُﻘَﺪُ ﻭَﺗَﻨْﻔَﺮِﺝُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻜُﺮَﺏُ ﻭَﺗُﻘْﻀَﻰ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﺤَﻮَﺍﺋِﺞُ ﻭَﺗُﻨَﺎﻝُ ﺑِﻪِ ﺍﻟﺮَّﻏَﺎﺋِﺐُ ﻭَﺣُﺴْﻦُ ﺍﻟْﺨَﻮَﺍﺗِﻴْﻢِ ﻭَﻳُﺴْﺘَﺴْﻘَﻰ ﺍﻟْﻐَﻤَﺎﻡُ ﺑِﻮَﺟْﻬِﻪِ ﺍﻟْﻜَﺮِﻳْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻋَﺪَﺩَ ﻛُﻞِّ ﻣَﻌْﻠُﻮْﻡٍ ﻟَﻚَ

"Allahumma sholli sholaatan kaamilatan Wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidinaa Muhammadin Alladzi tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaa’iju Wa tunaalu bihir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihi, wa shahbihi ‘adada kulli ma’luumin laka"
Artinya:
“Ya Allah, berikanlah shalawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada Baginda kami Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya pula ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, dan memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, dan kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang engkau miliki.”

Coba sobat pahami makna dari terjemahan di atas begitu indah bukan? Bagaimana kita mendoakan nabi kita. Maka dari itu sering seringlah membaca sholawat insyaAllah sobat akan mendapat keutamaan dari sholawat ini diantaranya

1. Telah disampaikan oleh Imam Dainuri:

“Barang siapa yang mau membaca sholawat ini sehabis sholat fardhu sebanyak 11 kali sebagai wiridan, maka ia akan mendapatkan kedudukan dan rezeki terbaik”

2. Ketika dibaca setiap hari sebanyak 11 kali, maka rizki akan turun dari langit dan tumbuh dari bumi. (Syaikh Muhammad at-Tanusi)

3. Ketika dibaca setiap selesai shalat sebanyak 11 kali, maka rizkinya tidak akan terputus dan akan memperoleh derajat yang tinggi. (Imam Ad-Dainuri)

4. Ketika dibaca setelah sholat subuh sebanyak 41 kali, maka apa yang diinginkannya akan terwujud.

5. Ketika dibaca sehari sebanyak 313 kali dengan niat membuka tabir rahasia, maka ia akan melihat segala hal yang menjadi angan angannya.

Selain itu terdapat pula bilangan khusus dalam membaca sholawat nariyah ini hal ini disampaikan oleh Al-Qurthubi, sebagaimana yang juga ditegaskan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani, yaitu sebanyak 4.444 kali.

Demikian uraian tentang sholawat nariyah arab latin dan artinya yang bisa saya sampaikan, semoga kita senantiasa termasuk kedalam golongan muslim yang selalu mencintai nabi kita sehingga kita bisa mendafatkan SYAFAATULUDMA dari Nabi Muhammad SAW kelak di akhirat, amiiin.

You May Also Like

Subscribe by Email

Sholawat Nariyah Arab Latin Dan Artinya
4/ 5
Oleh