Tuesday, October 2, 2018

Surat Al-Ikhlas Arab Latin Arti Beserta Kandungan Isinya

Surat Al-Ikhlas merupakan surat ke 112 dalam Al-Quran dan trgolong kedalam surat Makkiyah yang berarti diturunkan di Mekkah, Surat ini memiliki 4 ayat yang kesemuanya mengandung makna akan keesaan Allah.

Bacaan surat al-ikhlas arab latin arti dan kandungannya



Begitu banyak keutamaan dan manfaat dari surat Al-Ikhlas ini berikut beberapa hadis yang menjelaskannya:

Hadis pertama
Rasulullah SAW bersabda : ”Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Alqur’an dalam semalam?” Mereka menjawab, “Bagaimana mungkin kami bisa membaca sepertigai Alqur’an?” Lalu Nabi SAW bersabda, “Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Alqur’an.” (H.R. Muslim no. 1922)

Berdasarkan hadis diatas di jelaskan bahwa jika kita membaca sura Al-Ikhlas satu kali itu sama dengan membaca sepertiga Al-Quran dalam hal pahala yang di dapat.

Hadis kedua
Dari pada Abu Hurairah; Rasululllah SAW bersabda: “Surah Al Ikhlas adalah penawar segala penyakit (Rohani atau Jasmani).” (HR: Ibnu Majah r.a.)

Kelebihan lain dari surat Al-Ikhlas tersebut sebagaimaan sabda Rasulullah SAW, berbunyi “Siapa membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 11 kali, niscaya Allah SWT akan sediakan baginya satu mahligai indah dalam syurga.”

Hadis ketiga
Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang hendak tidur di pembaringannya, lalu ia menghadap sebelah kanan sambil membaca surat Al Ikhlas seratus kali, pada hari kiamat nanti Allah akan berseru kepadanya, 'Wahai hamba-Ku, masuklah ke dalam surga dari sisi kananmu'."

Hadis keempat
"Siapa yang membaca qul huwallahu ahad (surat al-ikhlash) setiap hari sebanyak lima puluh kali, maka pada hari kiamat akan dipanggil dari kuburnya, 'Bangunlah, wahai orang yang senantiasa memuji Allah, masuklah ke dalam surga'."

Hadis kelima
Rasulullah SAW berkata, “Barangsiapa membaca surah Al-Ikhlas pada perkuburan sebanyak 11 kali, kemudian dihadiahkan pahalanya kepada ahli kubur, niscaya diberikan kepada si pembacanya pahala sebanyak bilangan ahli kubur di situ. ”Rasululllah SAW bersabda: “Sesiapa yang membaca surah Al-Ikhlas sebelas kali setiap selesai salat Subuh maka dirinya akan dijaga dari perbuatan dosa selama sehari tersebut.”

Bagaimana ? Begitu hebat bukan surat Al-Ihklas ini dan berikut saya akan berbagi bacaan surat Al-Ikhlas arab latin arti dan isi yang terkandung di dalamnya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤

Qul huwa allaahu ahad(un), allaahu alshshamad(u), lam yalid walam yuulad(u), walam yakullahu kufuwan ahad(un).

Artinya:
1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

Isi kandungan :

Asbabun nuzul dari surat Al-Ikhlas adalah sebagaimana diterangkan dalam riwayat Imam Ahmad bahwa orang-orang musyrik telah mengatakan kepada Nabi Saw “Hai Muhammad, terangkanlah nasab Tuhanmu kepada kami lalu Allah menurunkan wahyu “katakanlah, dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadanya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”

Isi poko kandungan surat Al-Ikhlas adalah penegasan tentang kemurnian keesaan Allah SWT dan menolak segala macam kemusyrikan dan menerangkan bahwa tidak ada sesuatu yang menyamai-Nya. Surat Al Ikhlash ini menegaskan kemurnian keesaan Allah SWT.

Demikian pembahasan mengenai surat Al-Ikhlas semoga memberikan ilmu baru bagi sobat semua.

You May Also Like

Subscribe by Email

Surat Al-Ikhlas Arab Latin Arti Beserta Kandungan Isinya
4/ 5
Oleh